Thursday, December 24, 2015

Bawa apa?

Gue itu seneng makan, bener-bener seneng makan. Sayang, kegiatan yang gue suka ini ketika gede gak didukung dengan keadaan dompet yang memadai (maklum masih mahasiswa).
Gue inget banget dulu klo nyokap gue pulang ngantor gue berharap nyokap bawa makanan, apapun itu. Ya itu karena gue ngerasa gak cukup makanan yang udah nyokap masak tadi pagi buat gue makan, bukan dalam arti itu makanan udah gue abisin sendiri sampe anggota keluarga gue gak kebagian, maruk amat kayaknya gue.... Tapi yaa gue pengen makanan laen aja gitu, pokoknya jajan. Jadi, tiap kali nyokap buka pintu rumah pasti kalimat yang keluar dari mulut gue setelah jawab "Waalaikumsalam" itu yaa...."bawa apa, Bu?

Dan itu kebawa sampe gue gede, sampe gue udah SMA, bahkan sampe gue udah jadi mahasiswa gini. Sekarang setelah di keluarga gue yang belom punya pekerjaan tetap cuma gue doang, jadi yaa hampir semua gue tanyain. Sampe gue punya mpok yang kayaknya pasti pulang pun udah tinggal capek doang karena dia harus berangkat paling pagi dari rumah, pulang pasti paling gelap, plus gak naek kendaraan pribadi, kebayang kan? I do have a tough sister!!
Kadang yang ditanyain bawa sesuatu yang gue pengenin, kadang yaa gue malah kena omelan orang capek. Pernah kan diomelin orang capek?

Gue ini kuliah di bidang Food & Beverage Production kalo dalam bahasa Indonesia-nya itu Tata Boga lah, kalo mau lebih simpelnya lagi dan kata orang kebanyakan mah jadi Chef, cieelaah~. Btw jalan ini udah gue tentuin kita gue masih SMK. Nah, jurusan yang gue ambil ini mengutamakan dan gue bilang sih memaksa orang yg terjun ke dunia Tata Boga ini untuk mahir dalam keterampilan, gue bukan bilang ilmu/knowledge engga diperluin tapi gue yakin porsi skill dalam diri seseorang yang berkecimpung di bidang ini agak lebih banyak, kalo dibikin persentase 55/45 lah. 55% Skill 45% Knowledge. Dunia kayak gini juga nuntut gue untuk kalo elo mau dapet skill yang bagus yaa pilihan lo cuma satu, terjun langsung ke industri. Gue rasa semua orang berpendapat sama kayak gue, klo di institusi atau sekolah atau lembaga apapun gak cukup untuk bisa ngasih lo materi yang cukup untuk bisa mumpuni dalam skill maupun knowledge. 

Oleh karena itu gue sering ngambil part-time job, tentunya sesuai dengan bidang yang gw geluti. Lumayan, selain dapet pengalaman, isi dompet juga nambah kan jadinya, hehehe.
Nah, karena sekarang gue udah bisa nyari duit sendiri kadang malah gue yang dibalikin ketika udah sampe rumah, ditanya "bawa apa, Dek?". Serius lo harus tau rasanya ditanya begitu ketika badan lo udah capek banget, ibarat kata Cyborg mah di dada tuh udah ada tulisan Energy Level: 0%.
Awalnya gue sih gampang aja bilang ".....gak bawa apa-apa" tapi ternyata makin kesini kalo tiap pulang kerja ditanya begitu jadi kesel sendiri, yang ada di pikiran gue kalo lagi ditanya gitu tuh cuma: 'udah capek, kerja juga nyari duit, malah ditanya bawa apaan'. Hahahahaahahha tapi kadang kalo capek udah ilang tuh langsung mikir...ini kali yah yang dirasain orang-orang rumah tiap pulang kerja gue tanya bawa apa. Mungkin mereka kesel tapi gak dikeluarin aja, sama hal nya klo kejadian sama gue. Mulai saat itu juga gue berniat untuk menghentikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memicu orang jadi kesel, yaa salah satunya...."bawa apa?".

Makanya jangan pernah deh lo ngeluarin pertanyaan yang bikin orang kesel gitu, apalagi klo orang yang lu tanyain lagi dalam keadaan capek. Kalo lo gak percaya coba aja deh, konsisten selama seminggu tiap ada yang pulang kerumah, apalagi pulang kerja gitu lo tanyain deh.....

".....bawa apa?" 

0 comments:

Post a Comment